Selamat Datang di Situs Resmi Segitiga Emas Desa Penglumbaran, Susut, Bangli.  Kreatif dan Inovatif menuju Desa Mandiri

Artikel

''DETEKSI KANKER RAHIM SELAGI DINI''

26 September 2023 05:07:26  Admin Desa Penglumbaran  186 Kali Dibaca  Berita Desa

 

Inspeksi Visual Asam Asetat ( IVA ) merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin . Laporan hasil konsultasi WHO menyebutkan bahwa IVA dapat mendeteksi lesi tingkat pra kanker dengan sensitifitas sekitar 66-69 % dan spesifitas sekitar 64-98 %.

Selasa 26/09 bertempat di Puskesmas Susut I dilaksanakan pemeriksaan IVA test terhadap warga masyarakat Desa Penglumbaran terutama yang sudah berumah tangga. Kegiatan pada hari ini dilaksanakan atas kerjasama antara TP. PKK Desa Penglumbaran bersama Puskesmas Susut I. Kegiatan pada hari ini didampingi oleh Perbekel Desa Penglumbaran, Ketua TP. PKK Desa Penglumbaran serta dilayani dengan baik oleh Tim Puskesmas Susut I.

IVA test dipilih karena memiliki kelebihan ketimbang pemeriksaan lainnya adalah aman dilakukan kapan pun. Sebelum, saat, dan sesudah menstruasi tak jadi masalah.

Biasanya, sel-sel dinding serviks yang normal tidak akan mengalami perubahan apa pun (warna) ketika dioleskan asam asetat.

Sebaliknya, apabila terdapat masalah pada sel-sel dinding serviks, misalnya merupakan sel prakanker atau sel kanker, otomatis warna serviks akan berubah menjadi putih. 

Jika ditemukan adanya masalah pada sel - sel dinding serviks setelah dilakukan nya IVA test, maka akan dilakukan tindakan selanjutnya. Diharapkan kita semua dapat mencegah Kanker terutama Kanker serviks selagi dini. Lebih baik mencegah daripada mengobati, apalagi seperti kita ketahui bersama, mengobati kanker membutuhkan biaya yang sangat mahal.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


PENGADUAN MASYARAKAT WHATAPP

Aparatur Desa

Back Next

SIG

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS

Facebook

Sinergi Program

Sistem Informasi Pembangunan Desa Sistem Informasi Perbendaharaan Negara

Video Desa

VIDEO DESA

Peta Desa

Agenda

Belum ada agenda

Penglumbaran on Facebook

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1.260
    Kemarin:1.955
    Total Pengunjung:1.170.893
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:35.172.230.21
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel