Selamat Datang di Situs Resmi Segitiga Emas Desa Penglumbaran, Susut, Bangli.  Kreatif dan Inovatif menuju Desa Mandiri

Artikel

''PELATIHAN PENCEGAHAN DAN MITIGASI SATLIMAS DESA PENGLUMBARAN''

16 Mei 2024 06:37:35  Admin Desa Penglumbaran  95 Kali Dibaca  Berita Desa

 

Kamis 16/05 bertempat di Kantor Perbekel Desa Penglumbaran dilaksanakan Pelatihan terkait pencegahan dan mitigasi bencana untuk Satlimas Se Desa Penglumbaran. Acara dihadiri oleh Perbekel Desa Penglumbaran, narasumber dari Badan Penanggulangan Bencana dan Damkar Kabupaten Bangli serta Sat Limas Se Desa Penglumbaran. 

Acara dibuka dengan Sambutan oleh Perbekel Desa Penglumbaran disampaikan oleh Bapak I Wayan Artawan bahwanya Pelatihan dilakukan kepada kelompok masyarakat yaitu Sat Limas tetapi ilmu yang di dapat sewaktu pelatihan tidak hanya sampai di perserta pelatihan tetapi juga sampai ke masyarakat luas. Kebencanaan itu banyak, baik yang di sebabkan oleh alam maupun manusia itu sendiri. Adanya pengadaan seragam linmas oleh Desa Penglumbaran yang bersumber dari Dana Desa. Berdasarkan Kemendagri Pakaian linmas berwarna abu-abu. Pelatihan dilaksanakan selama 2 hari. Diharapkan semua anggota linmas dapat mengikuti pelatihan. Hari ini pelatihan khusus dengan kebencanaan. Penggunaan dari Dana Desa sekitar Rp. 47.000.000,00 untuk pakaian linmas. 

Dilanjutkan dengan Sambutan dari narasumber Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana dan Damkar Kabupaten Bangli disampaikan oleh Bapak I Wayan Wardana Akan ada simulasi - simulasi yang dilakukan dalam pelatihan pada hari ini. Kebencanaan tidak semata - mata tanggung jawab Pemerintah Daerah namun juga masyarakat di wilayah setempat. Dengan salam tangguh bencana dapat di atasi dengan baik. Komitmen dalam pembagian seragam linmas dapat menciptakan linmas yang berwibawa dan bisa di segani oleh masyarakat. Selanjutnya diberikan pemaparan secara materi oleh narasumber .

Setelah diberikan beberapa pemaparan materi dilanjutkan dengan praktek evakuasi bencana. Dalam praktek evakuasi bencana di berikan petunjuk bagaimana cara mengevakuasi korban bencana. Serta diberikan Materi penanganan kebakaran. Jika ada percikan api maka akan panik. Kebakaran bisa terjadi akibat 3 unsur yaitu panas, oksigen dan benda. Jika ada bau gas, yang harus dilaksanakan adalah buka jendela dan pintu agar bau gas keluar baru menyalakan api. Kebocoran gas disebabkan oleh 2 unsur, gas mau habis atau pada karet gas. Selang gas di pelihara dengan air hangat dan handuk panas. Apabila terjadi percikan api harus menggunakan handuk basah, sumber harus tertutup dengan rapat. Dilaksanakan pula praktek tata cara memadamkan api apabila trjadi kebocoran gas pada selang gas.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


PENGADUAN MASYARAKAT WHATAPP

Aparatur Desa

Back Next

SIG

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS

Facebook

Sinergi Program

Sistem Informasi Pembangunan Desa Sistem Informasi Perbendaharaan Negara

Video Desa

VIDEO DESA

Peta Desa

Agenda

Belum ada agenda

Penglumbaran on Facebook

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1.252
    Kemarin:1.955
    Total Pengunjung:1.170.885
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:35.172.230.21
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel