Selamat Datang di Situs Resmi Segitiga Emas Desa Penglumbaran, Susut, Bangli.  Kreatif dan Inovatif menuju Desa Mandiri

Artikel

“TINDAK LANJUT SAMPAH BERBASIS SUMBER DALAM BENTUK APLIKASI”

22 Februari 2022 10:50:00  Admin Desa Penglumbaran  425 Kali Dibaca  Berita Desa

Semangat para pahlawan sampah dalam penanganan sampah. Setelah dilakukan sosialisasi dari awal bulan hingga akhir ke seluruh Banjar Dinas Se Desa Penglumbaran, Kamis 24/02 dilakukan tindak lanjut atas sosialisasi yang telah dilakukan dalam bentuk aplikasi.

Kegiatan dihadiri oleh Perbekel Desa Penglumbaran, Perwakilan dari DLH, Narasumber I Wayan Sutirka, Ketua TP. PKK Desa Penglumbaran, serta seluruh pengurus Bank Sampah unit. Acara dibuka dengan sambutan dari Perbekel Desa Penglumbaran I Wayan Artawan. Dimana disampaikan bahwa penanganan sampah ini harus tetap berlanjut. Ini baru tahap awal menyadarkan masyarakat dalam penanganan sampah.

Dilanjutkan dengan sambutan serta penjelasan dari Perwakilan DLH ,dimana disampaikan bahwa tidak ada pemerataan dalam serapan sampah masyarakat. Agar menimbulkan semangat dalam memilah sampah yang dihasilkan dari rumah tangga. Berapapun hasil serapan sampah masyarakat disetorkan ke Bank sampah unit. Dalam kegiatan ini peran serta masyarakat sangat dibutuhkan. Namun dengan adanya kegiatan ini masyarakat tidak diharapkan menjadi pemulung tetapi berapapun serapan sampah yang dihasilkan di rumah tangga saja. Adapun tugas Bank sampah unit yaitu penginput serapan sampah masyarakat. Dalam penghitungan serapan sampah masyarakat, bank sampah unit bertugas berkoordinasi dengan bank sampah induk 3 atau 4 hari sebelum dilakukan penghitungan.

Dilanjutkan dengan pemaparan aplikasi oleh narasumber Bapak I Wayan Sutirka. Disampaikan oleh Bapak Wayan Sutirka, Gerakan ini merupakan Langkah kecil yang dilakukan dimulai dari rumah tangga, sudah dapat membantu lingkungan kita agar ke arah yang lebih baik. Setiap Banjar dinas diharapkan meneracakan kegiatan secara aplikasi. Dilanjutkan dengan pengarahan penanganan sampah secara aplikasi. Disampaikan menu – menu apa saja yang ada di aplikasi. Alur penanganan sampah hingga di angkut oleh bank sampah induk. Dilakukan pula percobaan pemakaian aplikasi serta sesi diskusi dan tanya jawab.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


PENGADUAN MASYARAKAT WHATAPP

Aparatur Desa

Back Next

SIG

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS

Facebook

Sinergi Program

Sistem Informasi Pembangunan Desa Sistem Informasi Perbendaharaan Negara

Video Desa

VIDEO DESA

Peta Desa

Agenda

Belum ada agenda

Penglumbaran on Facebook

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:581
    Kemarin:943
    Total Pengunjung:1.049.459
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.22.61.246
    Browser:Mozilla 5.0

Arsip Artikel

12 Februari 2019 | 59.643 Kali
DASA WISMA
22 Maret 2019 | 47.186 Kali
Perkel SOP Desa Penglumbaran
26 Agustus 2016 | 44.122 Kali
Sejarah Desa
22 Maret 2019 | 43.653 Kali
SK Linmas Desa Penglumbaran
22 Maret 2019 | 43.504 Kali
Perdes Tapal Batas Desa Penglumbaran Nomor 02 Tahun 2014
12 Februari 2019 | 43.413 Kali
PROFIL KETUA PKK DESA PENGLUMBARAN
12 Februari 2019 | 43.279 Kali
POKJA 1