Selamat Datang di Situs Resmi Segitiga Emas Desa Penglumbaran, Susut, Bangli.  Kreatif dan Inovatif menuju Desa Mandiri

Artikel

“SOSIALISASI POKJA PENDATAAN SDGs DESA”

06 Mei 2021 04:01:16  Admin Desa Penglumbaran  661 Kali Dibaca  Berita Desa

SDGs Desa adalah upaya terpadu mewujudkan Desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, Desa ekonomi tumbuh merata, Desa peduli kesehatan, Desa peduli lingkungan, Desa peduli pendidikan, Desa ramah perempuan, Desa berjejaring, dan Desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Dalam bahasa kerennya Sustainable Development Goals disingkat SDGs. SDGs Desa merupakan role pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2021.

Rabu 06/05 bertempat di Ruang Pertemuan Kantor Perbekel Desa Penglumbaran diadakan sosialisasi terkait Program Kerja Pendataan SDGs Desa dan Pemutakhiran IDM ( Indeks Desa Membangun) tahun anggaran 2021.  Dalam acara tersebut dihadiri oleh Perbekel Desa Penglumbaran I Wayan Artawan, Pendamping Desa Ibu Made Juli Hartini, Bapak Bhabinkamtibmas I Wayan Kempel, Bapak Bhabinsa I Wayan Renes, Ibu Ketua TPPKK Desa Penglumbaran IA Suwartini Artawan, PLT, LPM, seluruh jajaran perangkat desa, serta dari unsur masyarakat sebagai anggota pendata.

Acara dibuka oleh Bapak I Wayan Artawan, dimana disampaikan oleh Bapak I Wayan Artawan jika program SDGs ini merupakan program pemerintah yang harus segera dilaksanakan. Serta disampaikan pula kepada semua jajaran BPD bahwa BPD harus/wajib tau alur program SDGs ini.

Dilanjutkan sambutan oleh Ibu Made Juli Hartini selaku pendamping Desa Penglumbaran. Disampaikan oleh Ibu Made Juli Hartini tentang apa itu SDGs, cara Pengoprasian input data secara garis besar, serta apa-apa saja yang terkandung dalam program SDGs ini.

Adapun tujuan dari program SDGs ini adalah:

Merujuk dari Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor  13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021, setidaknya ada 18 tujuan dan sasaran pembangunan melalui SDGs Desa tersebut, yaitu:

Desa tanpa kemiskinan, Desa tanpa kelaparan, Desa sehat dan sejahtera, Pendidikan desa berkualitas, Desa berkesetaraan gender, Desa layak air bersih dan sanitasi, Desa yang berenergi bersih dan terbarukan, Pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi desa, Inovasi dan infrastruktur desa, Desa tanpa kesenjangan, Kawasan pemukiman desa berkelanjutan, Konsumsi dan produksi desa yang sadar lingkungan, Pengendalian dan perubahan iklim oleh desa, Ekosistem laut desa, Ekosistem daratan desa, Desa damai dan berkeadilan, Kemitraan untuk pembangunan desa, Kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adaptif.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


PENGADUAN MASYARAKAT WHATAPP

Aparatur Desa

Back Next

SIG

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS

Facebook

Sinergi Program

Sistem Informasi Pembangunan Desa Sistem Informasi Perbendaharaan Negara

Video Desa

VIDEO DESA

Peta Desa

Agenda

Belum ada agenda

Penglumbaran on Facebook

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:66
    Kemarin:1.527
    Total Pengunjung:1.057.178
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.119.111.9
    Browser:Mozilla 5.0

Arsip Artikel

12 Februari 2019 | 59.776 Kali
DASA WISMA
22 Maret 2019 | 47.217 Kali
Perkel SOP Desa Penglumbaran
26 Agustus 2016 | 44.148 Kali
Sejarah Desa
22 Maret 2019 | 43.660 Kali
SK Linmas Desa Penglumbaran
22 Maret 2019 | 43.527 Kali
Perdes Tapal Batas Desa Penglumbaran Nomor 02 Tahun 2014
12 Februari 2019 | 43.425 Kali
PROFIL KETUA PKK DESA PENGLUMBARAN
12 Februari 2019 | 43.286 Kali
POKJA 1