Selamat Datang di Situs Resmi Segitiga Emas Desa Penglumbaran, Susut, Bangli.  Kreatif dan Inovatif menuju Desa Mandiri

Artikel

Pembinaan Kader Posyandu dan Kader BKL memperluas Kemampuan Kader di Banjar Dinas

18 Juni 2019 10:01:00    697 Kali Dibaca  Berita Desa

Pembinaan Kader Posyandu dan Kader BKL dilaksanakan kembali oleh Desa Penglumbaran pada hari Rabu(18/06/2019) yang dilaksanakan di Ruang Pertemuan Kantor Perbekel Desa Penglumbaran. Kegiatan yang mengguanakan Dana Desa yang dimana dipoeruntukkan untuk Bidang Pemberdayaan Masyarakat yaitu Kader Posyandu.Pembinaan  Kader Posyandu se Desa Penglumbaran dalam rangka Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu dan Kader BKL  Tahun 2019 sudah dilaksanakan, tepatnya tanggal 18 Juni 2019, di Ruangan Pertemuan Kantor Perbekel Desa Penglumbaran, serta dibuka secara resmi oleh Bapak Perbekel Desa Penglumbaran I Wayan Artawan. 

Dalam kesempatan tersebut, Bapak Perbekel menjelaskan, Posyandu merupakan salah satu tempat bagi ibu dan balita, untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, serta untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan balita, sekaligus memberi imunisasi dan peningkatan gizi, serta penyuluhan dan konseling kepada segenap lapisan masyarakat yang ada di sekitar Posyandu-nya masing-masing. Untuk itu, Pemerintah Desa Penglumbaran melalui Puskesmas Susut 1 berupaya optimal meningkatkan pengetahuan dan wawasan serta ketrampilan para Kader Posayandu di Desa Penglumbaran melalui Pembinaan  Kader Posyandu dan Kader BKL. Diharapkannya, para Kader Posyandu dan Kader BKL yang mengikuti pembinaan , dapat menjadi fasilitator dan dinamisator berbagai program dan kegiatan yang dilaksanakan, serta dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat di Posyandu-nya masing-masing.

Dijelaskan pula, upaya peningkatan mutu dan kualitas pelayanan di Posyandu, bukan hanya tugas dan tanggung jawab pemerintah dan para kader Posyandu saja, akan tetapi merupakan tugas dan tanggung jawab bersama semua pihak, yakni pemerintah dan seluruh lapisan warga masyarakat. Berkaitan dengan hal tersebut, Perbekel Desa Penglumbaran mengharapkan kepada semua pihak, agar senantiasa berupaya optimal mendukung dan memperhatikan Posyandu, untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan berbagai program dan kegiatan yang dilaksanakan di Posyandu-nya masing-masing. Selain itu juga menjelaskan, ada 3 tugas Posyandu yang menjadi mimpi besar yang harus diwujudkan oleh para Kader Posyandu khususnya di Desa Penglumbaran, yakni proses persalinan ditagani oleh tenaga kesehatan, semua anak harus mendapatkan imunisasi yang lengkap, serta PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), supaya menjadi budaya di masyarakat.

 Dalam Pembinaan di isi oleh Narasumber dari Puskesmas Susut 1 yaitu Ibu Tri S Marsyadewi,SKM dan Ibu Komang Tri Wahyuni Amd.Keb. Pembinaan Kader Posyandu dan Kader BKL sangat penting dilaksanakan oleh Masyarakat kedepannya untuk kesehatan balita dan lansia bisa diatasi dari Wilayah masing-masing. 

Pembinaan ini mengguanakan Dana Desa Tahun Anggaran 2019 dengan Jumlah Anggaran Rp. 7.095.000,00 dengan menghadirkan 48 Kader Posyandu dan Kader Lansia. pasilitas yang diperoleh adalah Makan dan Minum, ATK, dan Uang Saku serta digunakan untuk Pembuatan Pertanggung Jawaban Administrasi.

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


PENGADUAN MASYARAKAT WHATAPP

Aparatur Desa

Back Next

SIG

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS

Facebook

Sinergi Program

Sistem Informasi Pembangunan Desa Sistem Informasi Perbendaharaan Negara

Video Desa

VIDEO DESA

Peta Desa

Agenda

Belum ada agenda

Penglumbaran on Facebook

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:25
    Kemarin:1.107
    Total Pengunjung:1.051.219
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.216.124.8
    Browser:Mozilla 5.0

Arsip Artikel

12 Februari 2019 | 59.688 Kali
DASA WISMA
22 Maret 2019 | 47.193 Kali
Perkel SOP Desa Penglumbaran
26 Agustus 2016 | 44.130 Kali
Sejarah Desa
22 Maret 2019 | 43.654 Kali
SK Linmas Desa Penglumbaran
22 Maret 2019 | 43.510 Kali
Perdes Tapal Batas Desa Penglumbaran Nomor 02 Tahun 2014
12 Februari 2019 | 43.415 Kali
PROFIL KETUA PKK DESA PENGLUMBARAN
12 Februari 2019 | 43.281 Kali
POKJA 1