Selamat Datang di Situs Resmi Segitiga Emas Desa Penglumbaran, Susut, Bangli.  Kreatif dan Inovatif menuju Desa Mandiri

Artikel

Penilaian Lomba Kesatuan Gerak PKK-KKBPK Kesehatan dan Lomba Kegiatan PKK Tingkat Prov. Bali Tahun 2

15 November 2019 12:23:52    1.499 Kali Dibaca  Berita Desa

Penglumbaran, Jurnalis Desa_Setelah menjadi yang terbaik dalam lomba Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (KG-PKK) Kependudukan Kelurga Berencana dan Pembangunan Keluarga Kesehatan (KKBPK) di Kabupaten Bangli, Tim Penggerak PKK Desa Penglumbaran dinilai oleh Tim Penilai tingkat Provinsi Bali. Penilaian ini serangkaian memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) disertai Jambore PKK Tingkat Provinsi Bali Tahun 2019 bertempat di Kantor Perbekel Desa Penglumbaran, Jumat(15/11).

Kehadiran Tim Penilai disambut oleh Bapak Wakil Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, SE, didampingi oleh Ketua TP PKK Kab. Bangli  Ny. Sariasih Sedana Arta, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab. Bangli Drs. I Dewa Agung Bagus Riana Putra, M.Si ,Camat Susut Dra. A A Bintang Ari Sutari, M. Perbekel Desa Penglumbaran I Wayan Artawan  beserta tim penggerak PKK Desa Penglumbaran.

Wakil Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta dalam sambutannya mengatakan penilaian ini sebagai momentum untuk mengevaluasi khususnya kepada kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh PKK Kabupaten  Bangli . Untuk itu PKK sebagai mitra pemerintah dalam rangka untuk mengkomunikasikan masyarakat khususnya kaum wanita dalam rangka mengimplementasi pembangunan di wilayah masing-masing dan sebagiai ujung tombak berjalannya sebuah organisasi gerakan wanita sangat diharapkan peran serta wanita untuk memajukan Desa..

“Kita tahu bahwa dibalik semua ini terdapat sebuah misi dalam rangka pembangunan manusia di Indonesia melalui SDMnya, sehingga momentum ini saya harapkan untuk tidak mencari juara saja, yang terpenting adalah hal yang dilakukan oleh PKK untuk mensejahterakan masyarakatnya, memberikan kesetaraan, beserta kemandiriannya di wilayah masing-masing.” kata Sedana Arta.

Ketua PKK Provinsi Bali  Ny. Putri Suastini Koster, menyampaikan, penilaian Lomba Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan, dan lomba PKK dalam rangka HKG PKK tingkat Provinsi Bali terdiri dari sembilan jenis perlombaan.

“Adapun perlombaan dari gerak PKK- KKBPK-Kesehatan terbagi menjadi empat jenis perlombaan yaitu lomba PKK-KKBPK- Kesehatan, Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat, Lomba Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), dan lomba Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di rumah tangga. Sedangkan untuk lomba PKK dalam rangka HKG dan Jambore terdiri dari Lomba Tertib Administrasi, Lomba Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR), Lomba Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K-PKK), Lomba Pemanfaatan Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman (Hatinya PKK), dan Lomba Visual dengan Asam Asetat ( IVA Test). Dengan kriteria tiga indikator berupa indikator input, indikator proses dan indikator output.”kata Ny. Putri Koster..

Sementara itu Ketua Panitia selaku Ketua TP. PKK Desa Penglumbaran Ny. Suwartini Artawan  melaporkan, secara administratif Desa Jumlah Penduduk 3954 Jiwa (Laki-laki 2016 Jiwa, Perempuan 1938 jiwa), Jumlah Kepala Keluarga 1002 KK,8 Banjar Dinas dengan 56 Kelompok Dasa Wisma dan 8 Kelompok Posyandu,TP. PKK Sebanyak 26 orang,Kader Umum 78 Orang, Kader Khusus 217 orang, serta membacakan beberapa paparan Program PKK serta Inovasi tentang Sekolah Matahari.

“Upaya untuk mewujudkan kesejahteraan keluarga di Desa Penglumbaran kami telah melaksanakan suatu kegiatan secara berjenjang mulai dari kelompok desa wisma, kelompok PKK, tim penggerak PKK desa, yang kami implementasikan dalam beberapa program unggulan diantaranya program sekretariat TP PKK Desa Dalung dengan prioritas program tertib Administrasi PKK sesuai dengan Rakennas VIII Tahun 2015, Program POKJA I dengan prioritas program pola asuh anak dan remaja penuh cinta kasih sayang dalam keluarga, program POKJA II dengan prioritas program pemberdayaan ekonomi keluarga melalui UP2K PKK, Program POKJA III tentang prioritas program pemanfaatan lahan melalui program halaman ASRI Teratur Indah dan Nyaman dan Program POKJA IV tentang prioritas program IVA Test, “kata Ida Ayu Putu Suwartini.

Selain itu juga Ny.Putri Koster juga memborong pameran yang disediakan oleh Panitia Kegiatan dan di acara hiburan membagikan barang-barang yang dibeli kepada lansia yang ikut dalam acara lomba tersebut.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


PENGADUAN MASYARAKAT WHATAPP

Aparatur Desa

Back Next

SIG

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS

Facebook

Sinergi Program

Sistem Informasi Pembangunan Desa Sistem Informasi Perbendaharaan Negara

Video Desa

VIDEO DESA

Peta Desa

Agenda

Belum ada agenda

Penglumbaran on Facebook

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:322
    Kemarin:906
    Total Pengunjung:1.067.237
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.117.184.189
    Browser:Mozilla 5.0

Arsip Artikel

12 Februari 2019 | 59.930 Kali
DASA WISMA
22 Maret 2019 | 47.254 Kali
Perkel SOP Desa Penglumbaran
26 Agustus 2016 | 44.177 Kali
Sejarah Desa
22 Maret 2019 | 43.665 Kali
SK Linmas Desa Penglumbaran
22 Maret 2019 | 43.543 Kali
Perdes Tapal Batas Desa Penglumbaran Nomor 02 Tahun 2014
12 Februari 2019 | 43.443 Kali
PROFIL KETUA PKK DESA PENGLUMBARAN
12 Februari 2019 | 43.292 Kali
POKJA 1