Selamat Datang di Situs Resmi Segitiga Emas Desa Penglumbaran, Susut, Bangli.  Kreatif dan Inovatif menuju Desa Mandiri

Artikel

''SOSIALISASI TERKAIT KESEHATAN DAN PENULARAN PENYAKIT PADA HEWAN TERNAK''

18 Januari 2023 05:38:49  Admin Desa Penglumbaran  392 Kali Dibaca  Berita Desa

 

Rabu 18/01 bertempat di Ruang Pertemuan Kantor Perbekel Desa Penglumbaran, diadakan sosialisasi terkait kesehatan dan penularan penyakit pada hewan ternak. Acara sosialisasi dilakukan oleh Mahasiswa KKN Undiknas membawa narasumber yang ahli dibidangnya untuk memberikan materi sosialisasi.

Acara di hadiri oleh Perbekel Desa Penglumbaran, Ketua BPD Desa Penglumbaran, Narasumber, Peserta sosialisasi serta Mahasiswa KKN.

Adapun motivasi mahasiswa KKN mengangkat tema terkait peternakan dikarenakan mereka melihat potensi peternakan yang sangat unggul di Desa Penglumbaran. Acara dibuja dengan sambutan oleh Perbekel Desa Penglumbaran I Wayan Artawan, hal pertama yang diucapkan oleh Bapak I Wayan Artawan adalah rasa terimakasih yang sangat mendalam dikarenakan mahasiswa dapat dengan jeli melihat potensi Desa Penglumbaran. Diharapkan dengan melalui sosialisasi hari ini dapat menambah ilmu dan wawasan peternak di Desa Penglumbaran sebagai peserta sosialisasi hari ini. Dan ilmu yang diperoleh pada hari ini diharapkan dapat ditularkan dengan masyarakat luas. Program ini merupakan program awal kegiatan KKN yang akan berlangsung selama sebulan.

Dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber Bapak Drh. I Wayan Sukerna Yasa, Skh. Disampaikan oleh Bapak Wayan Sukerna Yasa bahwa ada beberapa penyakit strategis yang dialami oleh ternak. Dimana penyakit strategis itu dapat menyebabkan kerugian ekonomi. Disampaikan bahwanya ada beberapa penyakit - penyakit yang dapat menyerang ternak. Adapun PMK (Penyakit Kuku dan Mulut) yang menyerang sapi, penyakit african swine fever yang menyerang babi dan flu burung yang menyerang unggas.

Diberikan pemaparan penyebab teejangkitnya penyakit, ciri-ciri serta cara mengatasinya apabila ternak terserang penyakit. Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab agar pemberian materi ini semakin jelas. Adapun beberapa pertanyaan yang disampaikan oleh peserta sosialisasi dan dijawab dengan jelas oleh narasumber.

Di akhir acara disampaikan pemaparan kesimpulan dari acara sosialisasi tersebut yaitu penyakit - penyakit yang menyerang ternak dapat di cegah dengan dilakukannya pemberian vitamin, melakukan isolasi dan penyemprotan desinfektan. Dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat oleh narasumber kepada mahasiswa.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


PENGADUAN MASYARAKAT WHATAPP

Aparatur Desa

Back Next

SIG

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS

Facebook

Sinergi Program

Sistem Informasi Pembangunan Desa Sistem Informasi Perbendaharaan Negara

Video Desa

VIDEO DESA

Peta Desa

Agenda

Belum ada agenda

Penglumbaran on Facebook

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:173
    Kemarin:1.107
    Total Pengunjung:1.051.367
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.147.104.248
    Browser:Mozilla 5.0

Arsip Artikel

12 Februari 2019 | 59.688 Kali
DASA WISMA
22 Maret 2019 | 47.193 Kali
Perkel SOP Desa Penglumbaran
26 Agustus 2016 | 44.130 Kali
Sejarah Desa
22 Maret 2019 | 43.654 Kali
SK Linmas Desa Penglumbaran
22 Maret 2019 | 43.510 Kali
Perdes Tapal Batas Desa Penglumbaran Nomor 02 Tahun 2014
12 Februari 2019 | 43.415 Kali
PROFIL KETUA PKK DESA PENGLUMBARAN
12 Februari 2019 | 43.281 Kali
POKJA 1