Selamat Datang di Situs Resmi Segitiga Emas Desa Penglumbaran, Susut, Bangli.  Kreatif dan Inovatif menuju Desa Mandiri

Artikel

''BULAN BAHASA BALI VI TAHUN 2024 MENGUSUNG TEMA ''JANA KERTHI DHARMA SADHU NURAGA'''

23 Februari 2024 11:18:45  Admin Desa Penglumbaran  55 Kali Dibaca  Berita Desa

 

Jumat, 23/02 bertempat di Banjar Dinas Serai, Desa Penglumbaran, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli dilaksanakan Kegiatan Bulan Bahasa Bali yang ke enam di Tahun 2024. Kegiatan Bulan Bahasa Bali kali ini mengusung tema "Jana Kerthi Dharma Sadhu Nuraga''. Acara dihadiri oleh Camat Susut, Wakapolsek Susut , MDA, Perbekel Desa Penglumbaran, Ibu Ketua TP. PKK Desa Penglumbaran, Pendamping Desa, Bhabinsa, Kelian Banjar Dinas Se Desa Penglumbaran, Bendesa Adat Se Desa Penglumbaran, Dewan Juri serta Peserta Lomba. Acara dibuka dengan tari sambutan yaitu tari puspanjali. Adapun perlombaan yang dilaksanakan pada hari ini yaitu Lomba menulis aksara bali, membaca aksara bali serta mesatua tingkat Pakis. 

 

Dilanjutkan dengan Sambutan Perbekel Desa Penglumbaran disampaikan oleh Bapak I Wayan Artawan bahwanya acara pada hari ini merupakan pembuka pelaksanaan bulan Bahasa Bali se Desa penglumbaran. Pelaksanaan Bulan Bahasa Bali terbelenggu dan terbentur di Bulan februari. Silpa tahun lalu digunakan untuk melaksanakan Bulan Bahasa Bali. Menjadi sebuah spirit agar Bahasa Bali tetap menjadi bahasa Ibu. Diharapkan agar generasi penerus dapat menggunakan bahasa bali yang baik dan menulis aksara bali yg benar. Bahasa dan sastra bali semoga dapat dinikmati selamanya. Diharapkan pula acara pada hari ini dapat berjalan dengan baik. 

Dilanjutkan dengan Sambutan dari Camat Susut yg diwakili oleh Kasi Pemerintahan Camat Susut, acara Bulan Bahasa Bali ini untuk ikut serta merayakan pelaksanaan bulna bahaaa bali. Untuk melestarikan bahasa bali, dan mengajak generasi muda untuk ngemar berbahasa bali. Semoga acara pada hari ini dapat berjalan dengan lancar, dan tidak putus sampe hari ini.

Mda, bulan februari ini supaya bisa melaksanakan bulan bahasa bali, Peraturan Gubernur No 80 tahun 2018, dipakai pantutan melestarikan bahasa bali dan pada hari kamis di wajibkan berkomunikasi dengan bahasa bali dan berbusana adaat bali. 

 

Acara dilanjutkan dengan kegiatan lomba. Setelah lomba dilaksanakan, di umumkan peserta yang menjadi juara dan diberikan hadiah sebagai kenang - kenangan. Di akhir sesi acara dilakukan foto bersama.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


PENGADUAN MASYARAKAT WHATAPP

Aparatur Desa

Back Next

SIG

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS

Facebook

Sinergi Program

Sistem Informasi Pembangunan Desa Sistem Informasi Perbendaharaan Negara

Video Desa

VIDEO DESA

Peta Desa

Agenda

Belum ada agenda

Penglumbaran on Facebook

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:650
    Kemarin:1.124
    Total Pengunjung:1.048.585
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.14.246.254
    Browser:Mozilla 5.0